Wednesday, April 15, 2015

Semalam latihan "Chord Progression" pada kunci A, lumayan berat juga pada awalnya, tapi setelah beberapa kali dicoba, dengan chords A, D, E dan Bm, sudah bisa menghasilkan irama iringan yang cukup lumayan bagus :-).....sekedar intermeso aja.

Tema kali ini adalah tentang "Chords Inversion" pada permainan musik. Kalau dilihat pada catatan musik saya terdahulu, kita sudah mengenal beberapa chords dasar seperti "C", "F" dan "G". Untuk kali ini saya akan jelaskan pada chord (major) "C" agar bisa lebih mudah dimengerti dan prinsip ini juga dapat diterapkan pada semua chords yang akan kita mainkan. Mari kita lihat gambar dibawah ini :


Ini adalah posisi chord (major) "C" pada "root" position, artinya posisi dasar untuk chord "C". Pertanyaannya adalah, apakah kita harus selalu menekan tuts pada posisi tersebut (walaupun pada oktaf yang lain) jika sedang memainkan chord "C"? Jawabannya adalah "tidak". Bayangkan kalau memang hanya posisi tuts tersebut pada chord "C" maka permainan musik akan menjadi membosankan karena suara yang dihasilkan ada selalu sama. Untuk itulah kita bisa memainkan chord "C" di posisi "first inversion" seperti gambar dibawah ini :


Ataupun pada posisi "second inversion" :


Variasi chords mana yang akan kita mainkan tergantung dari not vokalnya dan hubungannya dengan chords lain pada lagu tersebut. Mengenai ini akan saya jelaskan lebih lanjut, karena kita belum sejauh itu belajarnya.
Penting adalah mencoba melatih posisi chords dengan menggunakan metode diatas untuk semua chords major dan minor. Setelah cukup lancar boleh juga dicoba untuk chord b dan #. Nasihat saya, coba untuk melatih maksimal 2 chords saja setiap hari dan selalu diulang pada latihan berikutnya jika sedang melatih chords baru.

No comments:

Post a Comment