Friday, April 10, 2015

Pusing lagi banyak kerjaan di kantor sejak beberapa hari ini, tapi untung sekarang sudah weekend, dan sekarang saya coba untuk meng-update blog musik lagi :-)

Kali ini saya akan coba menjelaskan bagaimana chord itu dibentuk. Mengingat ada begitu banyak chords musik, maka kalau dihafal satu persatu tentunya kita bisa "stress" dan menjadi malas untuk latihan piano. Pada dasarnya ada konsep sangat sederhana tentang bagaimana menentukan posisi tuts piano untuk setiap chord-nya.

Misalnya saja chord major, chord major ini mempunyai pola 4-3. Apa itu pola 4-3? Pola 4-3 yaitu suatu rumus/formula untuk menentukan/menemukan posisi nada ke 3 dan ke 5 dengan berpatokan pada nada ke 1 dalam skala major. Dengan bantuan pola ini kita dapat megirit waktu penghafalan ratusan chord tersebut yang seharusnya memakan waktu berhari - hari atau bahkan berbulan - bulan menjadi hanya beberapa menit saja.
Biar mudah dipahami saya akan memberikan satu contoh. Misalnya disini kita akan mencari chord C major, otomatis nada pertamanya yaitu nada C.

Hal pertama yang harus kita lakukan yaitu mencari middle C (C tengah pada keyboard). Setelah ketemu tekan tuts dengan nada C tersebut (sebagai nada ke 1 dari chord C mayor) dengan ibu jari tangan kanan, lalu pindah sebanyak 4 step/tuts ke arah kanan (tuts hitam juga dihitung) maka kita akan bertemu dengan nada E (sebagai nada ke 3 dari chord C mayor) dan tekan tuts tersebut dengan jari tengah. Selanjutnya kita tinggal menemukan nada terakhir (nada ke 5) pembentuk chord C mayor yaitu nada G. Caranya, dari posisi nada E tersebut, pindah sebanyak 3 step/tuts ke arah kanan dan tekan dengan jari kelingking. Maka terbentuklah chord C mayor. Berikut adalah gambarnya :


Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan diatas yaitu untuk membentuk chord mayor gunakan pola 4-3, sedangkan untuk membentuk chord minor gunakan pola kebalikanya yaitu 3-4. Berikut adalah gambar pembentukan pola chord minor :


Mudah bukan? Dengan metode ini kita bisa menentukan semua chords major dan minor pada tuts piano tanpa harus menghafalnya satu persatu.

No comments:

Post a Comment