Thursday, April 23, 2015

Hari ini hati agak galau karena ada masalah mengenai rumah saya yang memang lagi dalam proses renovasi, belum lagi terasa ngantuk banget di kantor karena tadi pagi harus berangkat jam 04:30 dari rumah agar tidak kena macet dijalan. Yang dapat menghibur saya adalah ingat keluarga dirumah dan tentunya juga latihan musik :-) Terakhir ini saya coba untuk melatih "pola" gerakan tangan kiri mengikuti chords di tangan kanan, agar bisa menghasilkan alunan suara musik yang lengkap.

Kembali ke piano :-)
Sekarang saya akan menjelaskan dasar permainan tangan kiri yang biasa, pada not balok disebut sebagai "Bass Clef" di kunci F. Sebenarnya pola permainan "bass" di tangan kiri ini beragam yang juga sering disebut "L.H. pattern" ataupun "pola tangan kiri". Apakah irama musik menjadi membosankan karena menggunakan pola yang selalu sama ataupun menarik, tergantung dengan keahlian kita memainkan "bass" di tangan kiri.
Untuk permulaan, mari kita lihat not balok "bass" pada chords dasar dibawah ini :


Coba sekarang tekan masing-masing nada tersebut selama 4 ketukan menggunakan tangan kiri, jangan lupa bahwa kita mainkan not balok di kunci F dan bukan kunci G. Sesuai dengan posisi masing-masing "bass", di tangan kanan kita mainkan chords sesuai dengan "bass"-nya. Contoh : untuk "bass" A, mainkan di tangan kanan chord A major (saya kadang-kadang menyebutnya dengan mayor, ini adalah istilah di bahasa Indonesia, major = bahasa Inggris), lalu untuk "bass" C, mainkan chord C major di tangan  kanan, dst. Mainkan pola ini dengan ketukan yang sama, yaitu 4 ketukan untuk tangan kiri dan kanan. Jika rekan-rekan ada yang lupa posisi chord major-nya, dapat dilihat lagi pada catatan saya sebelumnya tentang pola 4-3. Sebagai catatan, "bass" A dan G pada gambar not balok diatas dimainkan dua kali tapi dengan perbedaan1 oktav lebih tinggi. 
Pada saat ditekan bersamaan, terasa suaranya menjadi lebih lengkap bukan? 

No comments:

Post a Comment