Thursday, April 30, 2015

Lumayan, besok libur 1 Mei, karena hari buruh internasional, jadi long weekend, bisa kumpul keluarga dan jalan-jalan :-) Semalam saya hanya sempat latihan piano sedikit saja karena seperti agak lelah beberapa hari ini, jadi lihat tuts piano saja sudah seperti sprei ranjang...

Pembahasan kita kali ini adalah mengenai orientasi pada tuts piano dan juga mengingatkan lagi mengenai beberapa chords umum yang sering digunakan pada lagu.
Pada saat kita duduk didepan piano/keyboard, tentunya kita akan bertanya-tanya posisi nada "C" itu dimana ya, sebagai acuan nada dasarnya :


Sebenarnya hanya ada 12 nada suara saja pada piano, yang lainnya adalah hanya berbeda pada oktaf-nya saja. Gambar diatas menujukkan posisi C-D-E-F-G-A-B-C dan panah kekiri adalah nada yang lebih rendah (turun 1 oktaf), panah kekanan adalah nada yang lebih tinggi (naik 1 oktaf). Maaf beberapa gambar saya ambil dari buku berbahasa Jerman, dan "B" ditulis biasanya sebagai "H"
Jadi tinggal kita fokus pada nada dasar di posisi itu saja, sudah cukup untuk memulai memainkan sebuah lagu.


Untuk mengingat ulang, gambar kotak biru diatas adalah menujukkan langkah nada yang mempunyai nilai "tone" sedangkan kotak merah adalah untuk langkah nada "semitone".

Sebenarnya semua chords major dan minor dasar sangat mudah ditentukan/dicari pada tuts piano ketika sedang bermain musik seperti yang saya ajarkan pada blog sebelumnya. Sebagai ringkasan, coba lihat lagi susunan chords dibawah ini :


Jika kita mainkan chord tersebut secara urut, maka akan terbentuk nada C-Dm-Em-F-G-Am-Bdim-C. Penulisan dengan huruf besar saja artinya adalah "major" sedangkan "m" kecil adalah "minor" (pada gambar diatas tidak dituliskan huruf "m" ini). Bdim sendiri artinya adalah B diminished dan chord ini agak jarang digunakan pada musik pop, sehingga fokus kita hanya sampai Am saja. Urutan chords ini nantinya akan disimbolkan dengan angka romawi I, II, III, IV, V, VI, (VII). Biasanya lagu akan menggunakan pola yang sama, seperti pola I-V-VI-IV yang sangat banyak sekali digunakan oleh lagu-lagu pop (mungkin lebih dari 50% lagu pop).

No comments:

Post a Comment