Friday, April 17, 2015

Mantap...sudah weekend, bentar lagi mau pulang, tapi sebelumnya saya akan update blog ini :-)

Sebenarnya salah satu bagian dari bermain piano yang baik adalah mengatur posisi jari diatas tuts dengan benar. Kita bisa saja dapat bermain sebuah lagu di piano tapi ketika orang melihat permainan kita, seperti tidak "rapih" permainan jarinya. Selain suara (besar-kecil), kecepatan lagu, posisi jari tangan diatas piano juga mempunyai peranan yang penting untuk dapat bermain piano/keyboard dengan baik. Maka, mari kita mulai melatih gerakan jari tangan diatas tuts dengan mengikuti pola gambar dibawah ini :


Coba mainkan not balok diatas menggunakan posisi jari yang sudah ditentukan untuk melatih gerakan jari-jari yang benar. Thumb = jempol, Index = telunjuk, Middle = jari tengah, Ring = jari manis dan Pinky = kelingking. R.H. = tangan kanan, L.H. = tangan kiri. Usahakan main dengan tempo yang sama pada setiap not-nya dan setelah lancar, tempo permainan boleh agak dipercepat sedikit.

Untuk berikutnya adalah melatih gerakan yang kita sudah pelajari diatas menggunakan not dengan nada do = G atau satu kres (#). Coba mainkan not balok dibawah ini menggunakan cara/pola yang sama seperti diatas :


Ingat pada do = G adalah satu kres (#) sehingga nada f akan naik 1/2 nada menjadi f# (fis), sehingga urutan satu oktafnya akan menjadi g, a, b, c, d, e, fis, g.

No comments:

Post a Comment