Monday, February 29, 2016

Hari Sabtu lalu saya ada pertemuan keluarga dan saya bertemu dengan salah satu saudara saya yang memang seorang guru musik. Ketika kami sedang berbincang-bincang bersama, kebetulan disitu juga sedang dimainkan lagu dari mp3 yang cukup menarik buat saudara saya itu, lalu dia mengambil selembar kertas kosong dan mulai menuliskan not angka beserta chords-nya. Wah.....bagaimana mungkin bisa langsung menemukan not apalagi ketemu chords-nya?? Saya hanya bisa melihatnya dengan sedikit bingung, karena kemampuan ini yang saya masih belum punya (jujur atas kelemahan sendiri he..he..). Terus terang ini juga salah satu yang menjadi motivasi saya dalam bermain musik, "playing by ear". Ternyata setelah saya tanya saudara saya itu, dia bilang bahwa intinya kita perlu mengenal susunan chords dulu di "dalam kepala/memori", contoh pada kunci C adalah C-Dm-Em-F-G-Am-Bdim-C atau sesuai dengan urutannya I, II, III, IV, V, VI , VII. Lalu dengan pengalaman menggunakan "Chord's Progression" bagian-bagian ini digabung sesuai dengan nada lagunya. Kemampuan mengenal chord itu didapat karena kita punya "feeling" terhadap susunan chords tersebut dan ini hanya bisa didapat melalui latihan/training. Dari sini saya simpulkan, bagi pelajar musik pemula perlu sering-sering mendengarkan lagu yang kita senang dan coba untuk menemukan chords-nya. Ini adalah hal yang sangat bagus sehingga kita lama-lama juga punya "feeling" yang dimaksud oleh saudara saya itu. Jadi nasehat saya adalah, coba untuk latihan musik dengan teratur dan kadang-kadang mendengarkan lagu yang kita suka, coba identifikasi perpindahan chords-nya jika mungkin.


Gambar diatas ini adalah kemungkinan-kemungkinan perpindahan chords di nada dasar C (dalam persentasi) pada 1.300 lagu pop yang pernah di "selidiki" oleh salah seorang penggemar musik di internet. Saya rasa, penguasaan "Chords Progression" dan pengalaman yang dapat membuat kita lebih mudah mengenal perpindahan chords pada sebuah lagu.

No comments:

Post a Comment