Thursday, February 18, 2016

"Hati yang gembira adalah obat" Pernyataan ini adalah benar, karena saya baru saja menonton acara mengenai kedokteran yang menjelaskan kondisi badan kita pada saat stress. Keunikan tubuh kita adalah adanya antibody tubuh yang akan muncul ketika kita akan terserang suatu penyakit, seperti flu, batuk dll. Ketika terjadi stress, maka antibody akan diproduksi tanpa adanya virus ataupun bakteri yang ingin masuk ke tubuh, akibatnya lama kelamaan, antibody ini akan "bingung" apa yang harus diperbaiki di tubuh ini, lalu mereka akan mulai merusak sel-sel yang sehat, mengakibatkan daya tubuh kita menurun dan malah bisa menjadi sakit. Contoh yang paling mudah adalah tekanan darah tinggi, sakit maag, kepala pusing, sariawan...dll. Jadi tetaplah bergembira dan bersyukur atas hari-hari yang kita lalui ini :-)
Kembali membahas tentang musik, saya mau mengulangi mengenai alunan melodi di tangan kiri, yang biasanya sebagai bass pada permainan piano. Intinya, selalu usahakan bahwa suara permainan bass di tangan kiri kira-kira setengah volume dari tangan kanan yang pada umumnya memainkan melody (treble). Ini penting karena pada dasarnya suara bass pada tangan kiri adalah pelengkap dari lagu tersebut dan hanya berfungsi untuk mendukung melodi ditangan kiri sehingga secara keseluruhan alunan melodi menjadi indah. Ada kalanya juga kita memasukkan beberapa melodi pada permainan di tangan kiri, untuk membantu susunan melodi ditangan kanan (level intermediate pada permainan musik), tapi tetap volume tangan kiri adalah senantiasa lebih rendah dari pada tangan kanan.

Diatas ini saya beri contoh lagi dari "left hand pattern" yang dapat dilatih oleh rekan-rekan pemula dengan mengingat catatan saya diatas.

No comments:

Post a Comment