Friday, April 1, 2016


Kali ini saya akan coba menjelaskan bagaimana kita bisa memainkan sebuah lagu di piano hanya dengan mendengarkannya saja atau dikenal dengan istilah "Playing by ear".
Seperti rekan-rekan ketahui, saya sendiri belum ada "feeling" yang kuat untuk mengetahui di posisi mana (I, II, III...dst) lagu itu dimainkan, oleh karena itu beberapa tahapan dibawah ini ini adalah cara yang dapat digunakan oleh para pemula (termasuk saya he..he..) dalam "memetakan" notasi musik yang kita dengar :
  • Cari chords lagu yang bersangkutan di internet => Ini penting mengingat kita belum bisa menemukan chords-nya sendiri secara utuh.
  • Coba mainkan "block" chords tersebut dan melodi lagu kita nyanyikan dengan mulut => Ini untuk mengetahui apakah chords sudah sesuai dengan lagunya.
  • Improvisasi chords dan masukkan melodi lagu pada chords => Untuk tahapan ini memang tidak mudah, tapi dengan latihan, kita bisa membentuk lagu akhirnya.
Tahapan diatas adalah cara-cara yang saya lakukan selama ini dan terbukti berhasil :-) Kadang-kadang kalau orang melihat permainan lagunya di piano agak bingung, lagunya enak, dan rasanya tidak ada yang jual piano partiturnya (chords), ya...itu karena kreasi sendiri :-) Beberapa variasi yang sering saya lakukan adalah mengganti chords dasar dengan major 2nd chords ataupun  mengganti minor chord dengan minor 7, menggunakan sus-chord (pada posisi V)...dst. Seperti menambah beberapa bumbu pada masakan, biasanya makanannya menjadi lebih enak bukan ;-)

No comments:

Post a Comment