Tuesday, March 10, 2015

Weekend yang baru lewat ini benar-benar melelahkan karena saya (dan keluarga) harus pindahan barang dari rumah ke tempat kontrakan dan ini dilakukan dalam dua hari saja....wah benar-benar "rontok" nih badan. Tapi syukur sudah selasai pindahannya, termasuk bawa Yamaha piano Arius saya ke tempat baru :-)

Kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang bermain piano yang "benar", terutama posisi jari diatas tuts piano.


Sebelum mulai latihan piano/keyboard, usahakan posisi badan yang "relax" seperti gambar diatas. Demikian pula dengan posisi kedua lengan tangan. Ini penting karena dengan posisi badan yang salah dapat mengakibatkan punggung kita menjadi pegal dan juga tidak bagus kalau dilihat orang/penonton. Bahu saya sendiri dulu agak "bongkok" karena tidak memperhatikan posisi yang benar ketika latihan musik, untung setelah ikut kegiatan olah-raga yang teratur, bahu bisa menjadi lurus lagi. Terutama pada anak-anak perlu untuk mulai latihan piano dengan posisi badan yang benar.


Berikutnya adalah posisi jari yang benar diatas tuts piano. Untuk penomoran jari dapat dilihat pada gambar diatas. Nomor ini nantinya akan digunakan untuk memudahkan penentuan posisi jari pada not/nada tertentu. Ingat bahwa penomoran ini sifatnya tetap, jadi sebaiknya dihafal saja :-)


Sebagai latihan pertama, coba untuk menekan tut piano bergantian dengan nilai masing-masing satu ketukan mengikuti gambar diatas ini : do, re, mi, fa, so. Ingat bahwa angka 1, 2, 3, 4, 5 adalah jari (tangan kanan) pada masing-masing tut tersebut. Lalu berikutnya turun : so, fa, mi, re, do. Lakukan ini berulang-ulang untuk melancarkan gerakan jari.

Sebagai selingan, saya mainkan lagu klasik "Minuet in G" versi sederhana, yang biasanya kita bisa dengar di musik nada tunggu telepon :-)

Note : Jika video tidak dapat dilihat pada blog ini, maka dapat dilihat juga di YouTube dengan meng-klik Minuet in G



Kali ini saya menggunakan Casio CTK-7000 yang sekarang memang dipakai untuk latihan musik sehari-harinya :-) Maaf kalau suaranya agak kecil, memang saya juga lagi mempertimbangkan untuk membeli "Audio Interface" sehingga pada saat pengambilan video, suara keyboard-nya bisa lebih "jernih" tanpa ada gangguan dari suara luar/background.

No comments:

Post a Comment