Friday, March 20, 2015

Wah, kemarin benar-benar hari yang lumayan "stress", maklum setiap kepala bagian di masing-masing departemen kantor saya akan di "review" oleh si bos mengenai hasil kerja tahun lalu 2014 dan rencana kerja di tahun 2015 ini. Persiapan laporannya sudah dilakukan berhari-hari, tapi ketika sudah hari "H"-nya tetap tegang juga. Syukur semuanya bisa lancar di inteview ini, sekarang saya bisa mulai improvisasi musik lagi....uups pelajaran musik kita belum sejauh itu lagi...sorry :-)

Tempo hari saya sudah menjelaskan mengenai beberapa chords nada dasar do = C dan kali ini saya akan coba menjelaskan chords "major" yang digunakan serta apa itu chords "minor".

 


Bicara mengenai chords, sebenarnya ada 4 jenis chords nada dasar, yaitu major, minor, diminished dan augmented. Untuk pertama-tama, mari kita fokus pada chords major dan minor saja. Bagaimana posisi chords tersebut di tuts piano dapat dilihat pada gambar diatas.

Major chord sering disebut tanpa kata "major" tapi minor chord harus disebut dengan kata "minor" sebelum nama chord-nya. Jika seseorang mengatakan, main di kunci "C" artinya adalah gunakan chord (major) "C", sedangkan untuk minor "C" kita akan mengatakan, mainkan di kunci "C minor".
Sebagai tambahan, penulisan untuk chords "major" biasanya ditulis tanpa kata "major"-nya, tapi untuk chords minor akan ditulis "minor" atau disingkat dengan huruf "m" kecil setelah chord-nya.
Sebagai latihan, coba tekan chords "Am", "Em" dan "Dm", lalu tekan pula secara bergantian chords "C", "F" dan "G". "Rasakan" suara yang keluar, bagaimana pendapat anda? Suara chord "minor" cenderung agak "sedih" sedangkan pada chord "major" lebih "ceria" bukan :-)

No comments:

Post a Comment