Tuesday, March 17, 2015

Horee...akhirnya kesampainan juga untuk membeli "audio interface" yang memadai :-) Pilihannya jatuh pada model "Steinberg" CI2+ karena harganya yang tidak terlalu mahal dan sudah disertai bundle software Cubase AI 6 dan WaveLab LE 7.


Mulai sekarang, suara musik pada video yang saya upload akan menjadi "jernih" tanpa adanya gangguan dari suara-suara luar (storing atau background noise), oleh karena itu lihat terus videonya ya :-)

Melanjutkan mengenai pelajaran teori musik, kali ini saya ingin memperkenalkan beberapa "chord" dasar yang digunakan pada lagu/musik pada umumnya :

Untuk pertama-tama, mari kita mempelajari major chords C, F dan G karena ini adalah chords dasar dan seringkali digunakan pada lagu dengan do = C. 
Pada gambar diatas, titik merah akan ditekan bersama-sama pada setiap chord dan ini akan menghasilkan sebuah nada chord dasar. Perhatikan hanya chords C, F dan G saja dulu dan usahakan hafal posisi jari pada masing-masing chord ini.
Setelah kira-kira hafal dengan posisi jari pada masing-masing chord, boleh dicoba untuk dimainkan bergantian C-F-G-C menggunakan tangan kanan, maka akan terbentuk seperti sebuah alunan melodi, ini menarik bukan? Melodi ini nantinya dapat menjadi pengiring jika dimainkan sesuai dengan nada vokalnya.

No comments:

Post a Comment