Friday, February 27, 2015

Wah, lumayan sudah dekat akhir minggu dan Sabtu-Minggu akan libur :-) Baiklah, kali ini saya akan menjelaskan mengenai lamanya sebuah tut piano ditekan atau dengan kata lain, lamanya sebuah nada yang sama dibunyikan. Untuk mempermudah dapat dilihat pada simbol not balok dibawah ini :



Ada nada bersuara, ada pula waktunya istirahat (tanpa suara). Keterangan gambar ini menunjukkan bahwa simbol yang berbeda artinya juga adalah jumlah ketukan yang berbeda. Ingat bahwa irama ketukan harus konstan (stabil), untuk mempermudah biasanya kita bisa menggunakan fasilitas "metronome" yang tersedia pada keyboard.

Lalu bagimana dengan not angka? Pada not angka, lamanya nada yang dibunyikan biasanya digambarkan dengan garis diatas angka ataupun titik setelah angka. Garis akan mengurangi nilai satu ketukan, sedangkan setiap titik akan menambah nilai satu ketukan. Sebagai contoh dapat dilihat pada not angka dibawan ini :


Khusus titik dibawah angka bukan menunjukkan lamanya nada, tetapi not akan dimainkan satu oktaf lebih rendah dari nada dasar. Ingat jika kita menyanyikan "do, re, mi, fa, so, la, si do" ada dua buah "do" yang satu dengan nada dasar dan yang lain dengan nada lebih tinggi, inilah yang disebut dengan satu oktaf. Sebagai pedoman dapat diingat, titik dibawah angka artinya satu oktaf lebih rendah dan titik diatas angka artinya satu oktaf lebih tinggi dari nada dasar (tanpa titik).

No comments:

Post a Comment