Wednesday, February 25, 2015

Ini adalah hari pertama saya meng-update pelajaran tentang musik. Untuk dapat mulai belajar main keyboard atau piano, perlu ada pengetahuan dasar tentang "tuts" piano. Biasa dulu kita menyebutkan tangga nada dengan "do, re, mi, fa , sol, la, si do" Ini sudah benar. Jika nada "do" adalah nada dengan simbol "C" di piano tuts, maka nada "re" adalah "D", nada "mi" adalah "E" dst. Ini adalah mudah bukan :-) Gambaran lain adalah dengan simbol angka sbb : "do" adalah "1", "re" adalah "2",
"mi" adalah "3" dst. Dengan mengetahui ketentuan ini, kita sudah bisa mulai memainkan beberapa lagu sederhana yang sudah ditentukan nadanya menggunakan "not" tersebut. Sebagain catatan, angka 1, 2, 3, ... sering disebut sebagai "not angka" pada buku musik.


Gambar diatas memperlihatkan tampilan "tuts" piano dengan ketentuan posisi nada "C", "D", "E", ... Perlu diingat bahwa posisi huruf ini akan selalu sama pada semua "tuts" piano, sehingga perlu dihafal dahulu untuk memudahkan kita dalam bermain musik. Perhatikan bahwa disebelah kiri dua "tuts" hitam adalah selalu not/nada "C"


Lalu ada orang mengatakan mengenai "not balok", apakah itu ? Gambar diatas memperlihatkan "not balok" pada tangga nada "C". Bagian kiri pada bagian atas adalah simbol untuk kunci "G" dan pada bagian bawah adalah simbol untuk kunci "F".  Mengenai kunci ini akan saya jelaskan lebih lanjut, tapi yang perlu diingat adalah posisi nada "C" pada kunci "G" adalah tepat pada garis bantu bawah, sedangkan pada kunci "F" terletak pada kolom kedua. 

Hmm....ok, mungkin kita perlu istirahat dulu sejenak untuk mengingat semua ini, jangan terlalu terburu-buru dalam belajar musik, tapi belajarlah secara teratur jika ada waktu. Sebagai selingan dibawah ini adalah video musik "A Whiter Shade of Pale" yang saya mainkan menggunakan Roland GW7. Pengambilan gambar dan suaranya langsung menggunakan kamera digital. Maaf dengan kualitas suara/gambar yg kurang bagus. Semoga dapat menghibur :-)

Note : 
Jika video tidak dapat dilihat pada blog ini, maka dapat dilihat juga di YouTube dengan meng-klik link A Whiter Shade Of Pale

No comments:

Post a Comment