Wednesday, February 11, 2015

Selamat datang di blog saya yang membahas tentang bermain musik di keyboard dan piano. Melalui blog ini saya juga akan berusaha menjelaskan beberapa teknik bermain keyboard/piano, baik menggunakan buku not ataupun secara langsung hanya dengan mendengarkan lagunya saja. Sebenarya bermain musik itu tidak hanya merupakan salah satu cabang kesenian saja tapi juga dapat mempengaruhi hati dan "mood" kita sehari-hari. Percaya atau tidak, saya sendiri tidak dapat memainkan musik dengan bagus apabila suasana hati sedang "galau" atau kacau, tapi ketika sedang "sedih" ataupun "gembira", bermain musik dapat saya lakukan dengan lancar. Perlu ketenangan hati ataupun "feeling" yand kuat agar musik yang dihasilkan juga bagus.

Pertama kali saya belajar keyboard ketika masih di SMP, menggunakan Yamaha Electone seperti gambar dibawah ini :
Sebenarnya dulu dapat gratis kursus musik selama 3 bulan setelah membeli Yamaha Electone, tapi karena saya tertarik dengan bermain musik, akhirnya jadi kursus 3 tahun di Yamaha. Sejak itu, bermain musik tidak bisa dipisahkan lagi dan menjadi salah satu hobi saya juga :-)

Karena kesibukkan studi, saya sangat jarang berlatih dan setelah kira-kira 9 tahun berhenti latihan musik, saya mulai coba latihan lagi menggunakan keyboard Yamaha PSR-240 :
Kali ini konsep latihan menjadi berbeda, karena mau tidak mau saya harus bisa memainkan bas ditangan kiri serta melodi dan chord ditangan kanan, berbeda dengan memainkan Yamaha Electone dimana bas akan dimainkan oleh kaki, tangan kiri chord dan tangan kanan akan memainkan melodinya.

Latihan musik juga masih belum teratur mengingat kesibukan kerjaan dan mulai membina sebuah keluarga kecil (married), maka setelah kurang lebih 10 tahun, saya baru membeli keyboard Roland GW 7 untuk keperluan latihan musik dan keyboard ini juga dapat digunakan untuk keperluan acara-acara keluarga :
Suara yang dihasilkan oleh Roland GW 7 memang sangat bagus, tapi keyboard ini tidak mempunyai speaker internal sehingga saya perlu melengkapinya dengan speaker external, yang kadang2 cukup berat juga kalau dibawa-bawa. 
Mengingat tempat kerja saya diluar kota dan agak repot untuk bawa-bawa speaker tersebut, maka setelah sekitar 2 tahun menggunakan Roland, saya putuskan untuk membeli Casio CTK 7000 yang akan digunakan sebagai keyboard latihan di tempat kos :
Keyboard Casio mempunyai suara yang cukup baik, hanya saja kualitas tuts tidak sebaik keyboard Yamaha maupun Roland karena kadang-kadang agak "berisik" suaranya setelah keyboard ini sering dimainkan. Mengenai fasilitas keyboard Casio CTK 7000 ini memang sangat lengkap dan dengan harga jauh dibawah keyboard Yamaha/Roland dengan fasilitas yang sama.

Memainkan tuts keyboard pasti berbeda dengan tuts piano biasa karena perbedaan berat tuts-nya. Setelah lama "menabung" akhirnya saya dapat membeli Yamaha Arius YDP-142 dengan "Grand Hammer Standard" tuts piano yang kira-kira mirip beratnya seperti piano akustik. Keputusan ini diambil karena harga piano akustik cukup tinggi, dan Yamaha mengeluarkan seri "Arius" dengan harga yang cukup bersahabat :
Ok, cukup dengan koleksi keyboard saya :-) yang penting sekarang adalah mengenai permainan musiknya menggunakan sarana tersebut. Mulai sekarang saya akan coba selalu meng-update blog ini disela-sela kesibukan di kantor dengan pelajaran teori mengenai musik ataupun video permainan musik. 

Salam.

No comments:

Post a Comment