Friday, December 4, 2015

Minggu ini ada beberapa suasana yang membuat hati saya mejadi "galau", tapi kembali saya harus ingat bahwa semua itu pasti ada "nilainya" yang bisa diambil untuk dapat membuat seseorang bisa menjadi lebih dewasa dalam hidup ini. Musik adalah salah satu sarana saya mengembalikan semangat dan kembali melihat kedepan untuk sesuatu yang lebih baik.
Kembali ke tema musik, sekarang ini saya sedang berusaha untuk menambah "koleksi" pola permainan tangan kiri ketika kita sedang bermain piano atau mengiringi seseorang yang bernyanyi. Sering dikatakan sebagai "Left Hand Patterns", pola ini sangat mempengaruhi "warna" dan "kualitas' dari suara musiknya.
Dibawah ini adalah contoh pola tangan kiri untuk memainkan lagu dengan ketukan 3/4.


Terus terang, saya sendiri masih agak pemula dalam menemukan pola yang cocok untuk tangan kiri ketika mencoba untuk "arrangement" sebuah lagu, kebanyakan dan mungkin yang paling mudah adalah menggunakan teknik "arpeggio" pada tangan kiri. Beberapa pola standar dapat didapatkan di internet dan digunakan pada saat kita bermain piano. Perhatikan sekali lagi bahwa pola yang digunakan harus sesuai dengan ketukan lagunya (3/4 atau 4/4 dst.).

No comments:

Post a Comment