Wednesday, November 11, 2015

"Correct Fingering" adalah menjadi salah satu bagian terpenting sehingga kita dapat bermain piano/keyboard dengan benar. Sebenarnya ini yang sering menjadi kendala, kenapa ada lagu-lagu yang sulit dimainkan di piano, sedangkan orang lain dapat memainkan lagu ini sepertinya dengan mudah saja. Kunci-nya terletak pada posisi jari-jari yang benar diatas tuts piano, atau sering disebut juga "correct fingering". Ya..ternyata kita sebenarnya tidak boleh menggunakan jari apa saja untuk menekan tuts piano, tapi posisi semua jari harus terkoordinasi dengan benar sehingga permainan piano menjadi jauh lebih mudah dan gerakan jari-jari juga menjadi indah diatas tuts piano :-)

Sebagai ilustrasi, dapat dilihat keterangan dibawah ini :

Perhatikan lagi posisi penomoran pada jari-jari diatas. Sebagai contoh, jika kita sedang bermain di kunci "C major scale", maka posisi awal jari yang paling baik adalah kelingking pada tangan kiri di tut c (bawah) dan jempol pada tangan kanan di tut c (atas)

Sebagai pedoman, dapat dilihat tabel penomoran jari diatas ini. Grup tabel pertama adalah untuk jari-jari pada tangan kanan dan yang kedua adalah untuk jari-jari tangan kiri. 
Coba latih ini pada semua "major scales" dan terapkan pada saat kita bermain piano.
Menurut saya, gerakan jari-jari yang benar diatas tuts piano/keyboard adalah bagian keindahan dari permainan piano :-)

No comments:

Post a Comment