Thursday, August 27, 2015

Sibuk lagi dengan customer audit tanggal 20-21 Agustus 2015 tempo hari, jadi update blog agak jarang :-/ Syukur ini sudah selesai, tinggal tunggu hasilnya di bulan depan dan mudah-mudahan ngak ada masalah ;-)
Sudah lama saya tidak main piano di depan umum, tapi tempo hari ada acara ulang tahun di tempat keponakan, dan mereka punya Yamaha Clavinova seri CVP, maka saya ijin untuk "mencicipi" Clavinova ini. Wauuuw, suaranya memang mantap banget, diatas seri YDP. Maklum harganya juga sekitar 5 kali-nya seri YDP...


Memang secara keseluruhan lagunya menjadi lebih merdu, sedangkan kalau saya latihan menggunakan keyboard (sekarang : Roland GW7), sepertinya biasa-biasa saja. Kesimpulannya, jenis digital piano yang digunakan akan sangat mempengaruhi performance permainan piano kita :-)

Di blog hari ini saya akan coba menjelaskan pentingnya penguasaan "scale" pada permainan keyboard/piano.


Tabel diatas adalah contoh dari "Major Scales" yang biasa digunakan pada musik. "Scale" sendiri adalah merupakan bagian penting dari musik dan penguasaan "scale" sangat penting dalam bermain musik. Dengan mengetahui "scale" pada setiap nada, maka kita dapat melakukan "transpose" (menaikkan atau menurunkan) nada sesuai dengan keinginan kita. Bagi rekan-rekan pemula, coba untuk melatih semua "scales" tangga nada "C", lalu "F", Bb...dst. Juga untuk yang menggunakan kres (#). Biasanya ini saya latih dengan mengikuti aturan "Circle of Fifths", berputar melawan arah jarum jam.

No comments:

Post a Comment