Friday, July 31, 2015

Kemarin ada audit ISO 9001 dikantor, berhubung saya yang menjadi "Management Representative"-nya, maka lumayan sibuk juga seharian. Syukurlah hasilnya cukup bagus, jadi hari ini saya agak leluasa waktunya dan coba update blog musik lagi :-)
Sebagai "cerpen' dari penulis blogger :-) malam hari kalau masih sempat, saya sedang melatih menggunakan "sus-cord" yang suaranya "klop" bgt kalau dipakai sebagai penutup sebuah lagu ;-)

Ok, kali ini saya akan menjelaskan lagi mengenai latihan jari2 tangan untuk permainan keyboard/piano bagi pemula.


Coba untuk latihan jari2 tangan secara terpisah antara tangan kiri dan kanan. Mulailah berlatih dengan tangan kanan dahulu. Saya biasanya memainkan nada do-re-mi-fa-sol-la-si-do dengan tangan kanan dengan tempo yang sama secara berulang-ulang. Agar tangga nada dapat dimainkan tanpa ada jeda, sebagai trik-nya saya menekan menggunakan nomor jari 1-2-3-1-2-3-4-5 (perhatikan penomoran jari2 pada gambar diatas), lalu untuk memainkan nada do-si-la-sol-fa-mi-re-do, gunakan nomor jari 5-4-3-2-1-3-2-1. Latih gerakan ini sampai lancar, jangan terlalu cepat dan selalu dengan tempo yang sama.

No comments:

Post a Comment